Minggu, November 26, 2006

Muscab IDI: pengenalan informatika kedokteran

Sidang Ilmiah Muscab IDI Cabang Samarinda, sangat spesial bagi saya. Betapa tidak, baru 3 hari sebelum Muscab saya diminta sebagai pembicara materi inti Sidang Ilmiah, yakni "pengenalan informatika kedokteran" sekaligus menayangkan embrio blog IDI Samarinda sebagai cikal bakal blog yang nantinya akan diserahkan pengelolaanya kepada pengurus mendatang. (pantesan september lalu sejawat IDI Samarinda, meminta diadakan sharing Blog)
Sebenarnya saya merasa tidak pantas mengemban tugas tersebut mengingat keterbatasan kemampuan di bidang yangsatu ini.
Atas desakan teman-teman, berbekal niat sama-sama belajar dan berbagi, akhirnya permintaan tersebut saya sanggupi. Bla ... bla ... bla
Persiapan
Sesuai pesanan panitia (dr. Rini dan dr. Ani) agar menampilkan presentasi memakai cd autorun multimedia, maka dalam tempo dua hari, saya buat persiapan sebagai berikut:
  • Ngumpulin foto-foto kegiatan sebagai penunjang
  • Memilih piranti pendukung multimedia
  • Inventarisasi peralatan presentasi
  • Membuat skenario jalannya presentasi

Ngumpulin foto.
Selesai dalam waktu sangat singkat, tinggal jumput attachment email dari dr. Ani.

Memilih piranti pendukung multimedia.
Favorit saya adalah memakai exe standalone, flash, dan ebook dengan cd-R sebagai media serta Burn4Free untuk burning yang relatif lebih cepat dibanding Nero. Burning simpel sebenarnya enak pakai SilentNight Micro Burner () yang cuman 736 kb dan standalone, tanpa instalasi.
File pembuka menggunakan PicturesToExe yang menghasilkan file exe standalone. Slide pertama pakai background sunset ukuran 1024x768 pixel, berisi judul dan efek rolling up from left-top, menghasilkan efek seperti layar terbuka dari kiri atas ke kanan bawah kecepatan medium dan musik latar camelia 2 ebiet format midi ... asyik.
Slide kedua terpisah dengan slide pertama agar bisa setting tersendiri. Slide kedua ini khusus untuk navigasi berisi menu tombol berupa kombinasi gambar ukuran 200x100 pixel dan teks disampingnya, tanpa musik latar dan efeknya sama dengan slide pertama agar tidak tampak ramai. Screen or tampilannya milih fullscreen mode.
Pada slide ini menggunakan show startup window, menghasilkan pop-up kustomasi gambar mini yang tampil floating (mengambang) di tengah layar dengan tombol run, menuju slide navigasi sesungguhnya.
Pengaturan slide navigasi dibuat sebagai barikut:
Tombol pertama: thumbnail blogger, menuju format flash memakai macromedia Flash MX 2004, berisi sekilas informatika kedokteran dan gambaran tentang blog, serta contoh tampilan blog sebanyak 6 buah blog kesehatan.
Tombol kedua: thumbnail mawar, menuju format flash medical review sampel penyakit kulit.
Tombol ketiga: thumbnail buku, menuju sampel ebook berformat standalone, memakai Natata eBook Compiler.
Tombol keempat: thumbnail Aiswarya Rai, menuju flash sampel medical review kardiovaskuler.
Setting tampilan pada navigasi dipilih "when show ends keep last slide in show on screen". Maksudnya agar slide ini tetap tampil untuk memilih menu lain ketika keluar dari format yang dituju sebelumnya. Ini hanya kebiasaan, akan bermanfaat ketika kita membuat banyak slide dengan berbagai menu lain, maka slide navigasi berfungsi sebagai pengendali menuju slide lainnya. Dan masih banyak pilihan fitur lain sesuai selera, audien, maupun materi yang akan kita tampilkan.
Setelah preview tampilan sudah sesuai dan lalu lintas links ke berbagai format file semuanya lancar, saatnya burning ... burn ,,,, selesai, lalu labeling cd-R menggunakan Canon yang mempunyai fasilitas print langsung cd berlabel kosongan. (punyanya puskesmas palaran, habisnya waktu beli 2 tahun lalu langsung digantiin ama temen-temen puskesmas).

Inventarisasi peralatan presentasi
Yang ini biasa, laptop, harddisk external, berbagai asesori yang memang ready dalam tas, tak ketinggalan pda hp ipac generasi tua.
LCD proyektor merk sony, plus kabel yang dipesan khusus dengan kualitas terbaik sebagai penunjang juga ready. LCD nya pinjam punya puskesmas palaran (mungkin masih sedikit puskesmas yang punya LCD sendiri, artinya bukan bantuan atau usulan, pokoknya usaha sendiri gitu lho).

Jalannya presentasi
Sesuai skenario (ini juga hanya kebiasaan menulis skenario presentasi), maka presentasi dikemas dalam dua gaya menyesuaikan waktu yang sekitar 30 menit. Yang pertama tentu pakai cd autorun ... run. Sekilas informatika kedokteran, sekilas blog dan manfaatnya untuk dunia medis plus gambaran tautan plus pernak perniknya, lalu pamer flash dan ebook ... asyiiik.
Nah yang seru ketika menampilkan berbagai blog maupun situs terkait secara online menggunakan fitur multitab browser Firefox ... pokoknya gaya deh. Dengan koneksi 115 kb ... wah lumayan.
Sebagai referensi online, maka yang tampil di layar secara bergantian dan bertautan adalah embrio blog idi samarinda, blognya mas Dani, blognya dr. Erik Tapan, blognya puskesmas palaran, situs WHO, situs Depkes dan Google Reader ... selesai.
Saat istirahat makan, beberapa sejawat menyatakan tertarik. Momen indah, sharing, dimana blog kesehatan mulai dibicarakan banyak sejawat, berandai-andaipun menjadi bagian obrolan di sela makan siang.
Maturnuwun kepada bu Ani dan mbak Rini, terus terang ngga menduga ternyata topik ini disambut antusias.
Saya nggak terlalu mikir kelanjutannya, yang penting nyambung dulu deh ...
Trims kepada para sejawat, khususnya para senior atas minat dan atensinya ...
:)

5 komentar:

Anonim mengatakan...

hai, saya cynthia tenggara, mahasiswi UPH< lagi buat skripsi tentang blog tiara lestari, butuh banget responden,, pleaseeeeeeeeeee mau gak jadi responden saya buat ngisi survey tentang tiara lestari, klau bersedia, email ke jeloia@yahoo.com ya,, really need your help, thanks, GBU

Dani Iswara mengatakan...

Terima kasih atas segala apresiasinya, semoga dunia kedokteran makin sukses dengan keterbukaannya..

cakmoki mengatakan...

Ceritanya saya belajar terus mas Dani, maklum jauh ketinggalan ... kalo salah kan ada yang mbetulin, ya ngga ... cita-cita sama ... maju terus ...
:)

cakmoki mengatakan...

mbak cynthia,
adhuuh maaf deh, saya bukan ahli blog, masih belepotan. Ntar kalo ngga bisa ngisi gimana hayo ... gimana kalo hubungi mas Dani Iswsra aja yang buannyak ilmunya, saya juga belajar sama beliau ..
Semoga sukses ...
:)

Rahmi Imanda mengatakan...

artikel yang menarik, kami juga punya artikel tentang 'Informatika kedokteran' silahkan buka link ini
http://pusatstudi.gunadarma.ac.id/pscitra/alldocpn/pub-(article_sik_eri_pdf)-c1852.pdf
semoga bermanfaat ya